Blog sedang dalam perbaikan mohon maaf jika banyak kesalahan ------> Pemesanan Hubungi langsung Owner Kami
Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Cara Membuat Efek Lomografi dengan Photoshop

  • 9 Juli 2012
  • Armila ( Dins Photography )
  • Label: , ,
  • بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
    Sungguh saya sangat tersiksa dengan jaringan internet ini, walaupun begitu saya tidak menyerah begitu saja demi satu tulisan saya ini. Walaupun saya harus sedikit repot dengan menyalin tulisan saya dari Microsoft word ke postingan ini saya rela.

    Kali ini saya ingin memberikan satu tutorial untuk anda yaitu seperti judul artikel ini Cara Membuat Efek Lomografi dengan Photoshop. Saya akan coba menjelaskan dahulu apa itu Lomografi. Bagi anda yang belum mengetahui, lomografi adalah salah satu fotografi dengan menggunakan kamera manual atau kamera film, yang mana foto lomo ini cenderung “melenceng” pada hasil fotonya yang disebabkan karena kebocoran cahaya. Dan yang membuat banyak yang menggemari fotografi lomo ini karena biasanya hasil yang didapat tidak bisa diduga atau selalu surprise dengan warna-warna khas lomo. Bagaimana,, sudah agak mengerti kan?? Jika sudah langsung kita ke cara-cara membuat efek lomografi dengan photoshop. Nah.. ini adalah cara mudah dari saya hanya menerapkan satu langkah yaitu dengan menambahkan vignete pada foto tersebut.

    Maaf jika gambarnya kurang jelas,, masalahnya saya kompres abis *hehehe.. buat ngindarin koneksi internet yang lambat agar aku tetap bisa posting buat sobat..

    Langkah pertamanya anda siapkan program photoshop anda lalu masukan file yang akan anda edit ke jendela kerja photoshop setelah itu pilih Lasso Tool ( lihat tanda panah pada gambar ) dan mulailah anda membuat lingkaran sesuai keinginan anda yang akan anda beri vignete. Untuk lebih jelasnya anda lihat gambar dibawah ini.

    Selanjutnya  tekan tombol keyboard Shift + Ctrl + i sehingga garis seleksi berbalik menyeleksi pinggiran lingkaran lalu tekan Ctrl + Alt + D tentukan nilai father radiusnya 100 tekan ok. lihat gambar dibawah.


    Langkah ketiga mengatur nilai RGB untuk vignete cara-nya tekan Ctrl + M lalu turunkan kurva atau anda bisa mengikuti gambar dibawah dengan mengisi input : 205 output : 76 lalu ok sehingga sisi lingkaran akan cenderung berwarna hitam.


    Langkah ke empat hilangkan seleksi dengan menekan Ctrl + D lalu kembali atur RGB seperti langkah diatas namun yang ini atur garis sehingga kurva menyerupai huruf S atau isi nilai input : 93 output : 69 lalu tekan ok seperti gambar dibawah. Selesai.
    Bagaimana hasilnya cara membuat efek lomografi dengan photoshop saya ini menurut anda..?

    Sebelum
    Sesudah di tambah vignete
    Silahkan anda mencobanya sendiri..

     الحمدلله ربيللامعين
    Author : Didin Supriatna
    Anda Sedang Membaca Artikel :  Cara Membuat Efek Lomografi dengan Photoshop
    Jika Artikel ini bermanfaat untuk anda dan teman - teman, Anda boleh menulis ulang atau menyebarluaskannya dengan catatan selalu menyertakan link sumber : http://dinsphotography.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-efek-lomografi-dengan.html

    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email dan verifikasi dikirim ke email anda, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Jejak Fotografer saya mohon maaf jika masih ada salah dalam penulisan artikel, karena saya bukan seorang ahli melainkan hanya ingin berbagi apa yang saya tahu.

    17 komentar:

    BlogS of Hariyanto mengatakan...

    wah keren ya efeknya bisa jadi biru begitu :)

    Didin Supriatna ( Tukang Potret ) mengatakan...

    Tergantung kesukaannya bang.. hehe.. syukur klu suka hasilnya..

    Djangkaru Bumi mengatakan...

    Phothosop memang paling saya suka. Saya lagi ingin lebih memahami tentang CS3. Mau langsung praktek, ijin donwload gambarnya juga ya ?

    Didin Supriatna ( Tukang Potret ) mengatakan...

    Silahkan kang.. mudah2an manfaat..

    Desa Cilembu mengatakan...

    aslinya ilmu soal photosop masih terbata-batajadi terimakasih banget udah mampir kedesa, jadinya clb dapetin ilmu baru.
    salam sehat selalu''':o)

    Didin Supriatna ( Tukang Potret ) mengatakan...

    sama2 kang.. kita emang saling membutuhkan satu sama lain..

    Agung Gusrianto mengatakan...

    Wah hebat sob... kebetulan aku sedang belajar photoshop nih... yah.. walaupun masih dasar-dasarnya aja... hehehe.. :)

    Darmawan Saputra mengatakan...

    saya sudah followback dari dulu mas.
    coba lihat di daftar followers "Darmawan Saputra"

    Didin Supriatna ( Tukang Potret ) mengatakan...

    @ Agung : silahkan dicobain..

    Didin Supriatna ( Tukang Potret ) mengatakan...

    @ Darmawan : Makasih saya jg ga ngecek tuh.. hehe.. ^__^

    Mami Zidane mengatakan...

    gambar akhirnya jadi lebih keren tuh mas...

    Kini Aku Tau mengatakan...

    waah keren keren.. asik banget perubahnnya, mantap ni tutorialnya, terus kasih tentang tutorial photoshop gitu bang, lebih mantap.. hehe

    ♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ mengatakan...

    . . wachhhhhhhhhhhhh,, terlihat lebih nyata. keren banget . .

    Ririe Khayan mengatakan...

    kok saya tetap suka gabar yg belum di edit ya..
    #efek orang jadul neh

    zachflazz mengatakan...

    hahai... kerten tu jadinya gambar. boleh juga ilmunya. saya nyoba Insya Allah nanti.

    Prozonas Com mengatakan...

    Warnanya terlihat makin tajam. Kalo untuk foto orang, bisa di coba nie. :)

    eljohn-us mengatakan...

    Wow .. ok Ending nya keren banget gan, patut di coba neh !

    Posting Komentar

    Tolong bagi para sahabat harap baca dulu sebelum berkomentar :

    Blog ini tidak menggunakan verifikasi apapun, silahkan tinggalkan komentar yang sopan, tidak menjadi spamer.

    - jangan sertakan link pada komentar
    - jika ada link yang rusak / broken link di blog ini tolong beritahu saya pada komentar
    - jika artikel blog ini bermanfaat silahkan menyebarluaskan-nya dengan tekan button share
    ( google+ , facebook, digg, twitter dll ) salam hangat...
    Owner dsp : [Didin Supriatna (urang sunda+jawa)]

    Copyright (c) 2010 dins photography. Created by dsp