Blog sedang dalam perbaikan mohon maaf jika banyak kesalahan ------> Pemesanan Hubungi langsung Owner Kami
Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Tips Membersihkan Sensor Kamera DSLR

  • 19 Juni 2012
  • Armila ( Dins Photography )
  • Label: , , , ,
  • Assalamualaikum wr. wb. Sudah lumayan lama rasanya saya tidak memberikan tips fotografi untuk anda ya sob..?! maklum saya disibukan dengan trik blogger yang telah membuat saya lupa diri dengan professi saya sebagai fotografer. tapi jangan bimbang sobat-sobat ku tercinta, seperti judul diatas saya akan sedikit memberikan tips untuk anda pecinta fotografi ataupun anda pemakai umum kamera DSLR. kali ini saya ingin berbagi tips dengan anda yaitu dalam hal Membersihkan Sensor Kamera DSLR ( sensor image cleaning ). Pada kamera DSLR modern memang cara membersihkan sensor image ( prisma atau kaca yang ada di balik lensa ) sedikit lebih mudah dari pada kamera manual, dikarenakan kamera digital DSLR masa kini telah menggunakan fitur-fitur yang canggih sehingga sensor cleaning bisa dilakukan secara otomatis oleh kamera itu sendiri dengan cara menggetarkan sensor image. Bagi anda yang tidak tahu atau tidak faham cara membersihkan sensor image secara manual disarankan jangan sesekali mencoba membersihkan-nya dengan cara manual, karena hal itu akan mengakibatkan kerusakan pada sensor kamera. Hasilnya bisa jadi kamera tidak dapat mengunci fokus lagi dsb. Bagi anda yang ingin membersihkan sensor kamera secara auto biasanya ada 4 pilihan yaitu menggetarkan pada saat kamera dihidupkan, menggetarkan pada saat kamera dimatikan, menggetarkan pada saat kamera dihidupkan dan dimatikan, dan menonaktifkan sensor cleaning auto atau berarti anda bisa membersihkan secara manual. Dan untuk cara mengaktifkan-nya fitur ini biasanya berada di pengaturan kamera dengan ikon kunci > Lalu pilih Clean Image Sensor > Seterusnya pilih Cleaning yang anda inginkan seperti membersihkan sensor disaat kamera dimatikan ( shutdown ) atau saat kamera dihidupkan ( StarUp ) atau pilih dua-dua-nya. maka dengan setting seperti ini secara otomatis kamera akan menggetarkan debu yang menempel di sensor image tanpa kita harus membersihkan-nya secara manual.

    Sepertinya singkat saja tips kali ini,, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan anda bertanya.. insya allah jika saya mampu saya akan menjawabnya..

    Author : Didin Supriatna
    Anda Sedang Membaca Artikel :  Tips Membersihkan Sensor Kamera DSLR
    Jika Artikel ini bermanfaat untuk anda dan teman - teman, Anda boleh menulis ulang atau menyebarluaskannya dengan catatan selalu menyertakan link sumber :  http://dinsphotography.blogspot.com/2012/06/tips-membersihkan-sensor-kamera-dslr.html

    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Jejak Fotografer saya mohon maaf jika masih ada salah dalam penulisan artikel, karena saya masih banyak kekurangan tetapi haus akan ilmu dunia dan akhirat.



    18 komentar:

    Imtikhan mengatakan...

    tips yang bermanfaat sob, terima kasih ya

    Didin Supriatna mengatakan...

    semoga..

    Rohis Facebook mengatakan...

    kamera2 gitu emank peka sob..., thx infox sob..! *smile

    Didin Supriatna mengatakan...

    sama2 sobat..

    Rohis Facebook mengatakan...

    sebelum tidur aq mampir dlu ni sob..., *smile

    Didin Supriatna mengatakan...

    yap aq juga mau tidur nih..

    muarra mengatakan...

    intinya untuk mebersihkan sensor kamera itu adalah harus punya kamera, klw sya boro2 mau membersihkan pnya aja ngga,,
    tp klw mas bro mau kasih kameranya buat sya ga papa biar bisa bersihkan kamra,, hehehehee
    thanks tips ygbagus,,,

    diniehz mengatakan...

    Siip deh, Tips ini akan segera saya kabari ke adek saya karna saya gak punya DSLR

    huhuhuhu..

    BlogS of Hariyanto mengatakan...

    info yang sangat berguna bagi saya yang awam dengan teknologi kamera...trimakasih sobat sudah berbagi :)

    zachflazz mengatakan...

    wah, terima kasih nih ilmunya. selama ini saya pake kapas tuhh. waaa, salah besar ya saya... untung masih selamat kamera saya. tobaat. siip lah, saya dapet sesuatu nih dari membaca postingan ini.

    Si Belo mengatakan...

    gue pinjem pembersihnye aje bang... hahahha :p
    blog gue udeh gue pel dong, silahkan dah bang, kalo mau leha2 di blog aye :p

    yahya mengatakan...

    aduuh,, saya belum punya kamera profesional nii mas.. pengen siih.. tp, ya itu.. tipsnya bagus juga, siapa taw ntar saya punya kamera bneran. doain ya.. saya seneng juga lho jd fotografer. hee :)

    aq dah follow masbrooo.. :)

    uli mengatakan...

    Berkunjung

    Didin Supriatna mengatakan...

    @ Muara : saya kan kasih tips buat yang punya kamera atau pecinta foto,, klu sampean bukan pecinta foto maupun pengguna kamera yo jelas apanya yg mau di bersihin.. hehe.. makasih dah mmampir..

    @ Diniez : kenapa kakaknya ga ikut belajar foto jg.. hehe.. apa mw jd modelnya aja..??

    @ Blog Of Hariyanto : sama2 om..

    @ Zazhflazz : wah.. jgn pake kapas tuh pak.. tar gores2 kacau dah..

    @ Nay : beneran dah di pel..?! klo dah di pel ane mau mampir nih..

    @ Yahya : mudah2an..

    @ uli : silahkan..

    Anonim mengatakan...

    Kamera saya EOS 350D, tdk ada fasilitas self sensor cleaning, jdi cara manual dengan cara di tiup dengan rubber blower. Ternyata msh ada bintik hitam saat membidik lewat view vinder. Bagaimana ya...

    Didin Supriatna ( Tukang Potret ) mengatakan...

    @ Anonim : untuk menghilangkan flek hitam yang terlihat di view finder kamera anda bisa anda bersihkan secara manual,, dengan catatan harus hati2..

    Caranya :

    1. Atur shutter speed ke bulb atau bisa anda angkat kaca cermin prisma di kamera anda dengan perlahan.

    2. biasanya flek ada pada prisma, maka anda bisa membersihkan prisma, tapi ingat jangan digosok secara keseluruhan,, cukup anda cari flek yang mirip timbul di view finder ada di pojok sebelah mana.. lalu jika sudah anda temukan bisa anda bersihkan menggunakan tisu kamera.. ( flek itu berada di prisma paling dalam bukan pada cermin prisma )

    the Jinx|go mengatakan...

    Didin : klu debu di view finder gausah hrs bka mirror tp lngsung ke focussing screen ajh di blow, tp klu debunya di view finder gag ngaruh ke hasil ko,di penglihatannya ajh ga enak,tp klu di sensornya ya pasti ngaruh,bersihin sensor gmpang ko klu dah tau triknya ,aplgi camera full frame tingkat kesulitannya lebih tinggi lg , seperti camera2 5D,D800,M9 ..
    Anonim : itu debu basah bro,harus pke cairan sensor cleaner and swab .

    the Jinx|go mengatakan...

    untuk debu di view finder tidak berpengaruh ke hasil sensor kotor lah yang berpengaruh ke hasil, so bersihkan lah sensor dgn hati2 karena dy itu sngt sensitive sekali mudah baret dan mnjadi vertikal line
    Anonim : itu termasuk debu basah harus menggunakan cairan sensor cleaner and swab sebagai alatnya ,salam photograpy

    Posting Komentar

    Tolong bagi para sahabat harap baca dulu sebelum berkomentar :

    Blog ini tidak menggunakan verifikasi apapun, silahkan tinggalkan komentar yang sopan, tidak menjadi spamer.

    - jangan sertakan link pada komentar
    - jika ada link yang rusak / broken link di blog ini tolong beritahu saya pada komentar
    - jika artikel blog ini bermanfaat silahkan menyebarluaskan-nya dengan tekan button share
    ( google+ , facebook, digg, twitter dll ) salam hangat...
    Owner dsp : [Didin Supriatna (urang sunda+jawa)]

    Copyright (c) 2010 dins photography. Created by dsp