Blog sedang dalam perbaikan mohon maaf jika banyak kesalahan ------> Pemesanan Hubungi langsung Owner Kami
Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Anda pilih menjadi seorang freelancer atau karyawan tetap?

  • 15 Juni 2012
  • Armila ( Dins Photography )
  • Label: ,
  • Berbicara mengenai pilihan antara freelance dengan karyawan tetap tentunya tidak dapat di putuskan dengan beberapa menit, tetapi butuh waktu untuk memikirkan secara matang. Mungkin bagi anda yang sudah bosan menjadi karyawan tentu-nya hal ini akan terlintas di benak anda, tetapi menjadi seorang freelancer itu bukan hal yang mudah. Freelance berarti ( Pekerja lepas ) jadi segala sesuatu-nya seutuh-nya diatur oleh diri sendiri dari mulai waktu, target, dan sebagainya. Berbeda dengan kebalikan-nya yaitu karyawan tetap yang segala sesuatu-nya diatur oleh perusahaan. Dengan begitu kita sudah tau berapa lama, dan berapa banyak penghasilan yang kita dapat dan berbagai tunjangan. Dengan melihat dan memahami kedua sisi ini maka dapat disimpulkan seorang sebagai freelance mempunyai kebebasan lebih di bandingkan mereka yang bekerja sebagai karyawan. Namun menjadi seorang freelance dituntut untuk mempunyai kelebihan dalam sesuatu hal seperti skill, mental dsb. ( Tapi bukan kemampuan untuk berbohong ya.. hehe.. ).  Karena seorang freelance harus lebih berjuang demi apa yang ditargetkan-nya melebihi mereka seorang karyawan. yang harus mempersiapkan dan siap menanggung segala resiko yang akan dihadapi. Jika anda sudah siap menjadi seorang freelancer berikut kira-kira penjelasan-nya. Dan perlu anda ketahui ada perbedaan yang unik pada dua sisi ini. Sebagai freelance adalah mereka yang selalu memperkaya diri sendiri, tetapi seorang karyawan ia akan terus memperkaya pemilik perusahaan tersebut. Dari kedua-nya tentu memiliki untung dan ruginya. Yang jelas pada saat ini seorang freelance sama bergengsi-nya dengan dengan seorang karyawan tetap. Apa anda tertarik menyelami dunia freelance?

    PERLU PERSIAPAN UNTUK MENJADI FREELANCER

    Menjadi seorang freelance lebih rumit persyaratan-nya di banding syarat seorang karyawan, termasuk syarat dalam "sisi psikologi"


    1. Memiliki perangkat sendiri ; Seorang freelance harus memiliki perangkat sendiri atau peralatan bekerja pribadi. Lain hal dengan sorang karyawan yang segala fasilitas kerjanya di sediakan oleh kantor.
    2. Memiliki semangat juang ; Menjadi seorang freelancer mental itu wajib. Tentunya sangat berbeda dengan seorang karyawan. karena seorang freelance harus mempunyai mental yang kuat karena akan menghadapi pasang dan surut. maka jika tak ada persiapan dalam hal ini maka akan menimbuklan frustasi dan kekalahan.
    3. Mempunyai skill lebih ; Seorang freelance dituntut mempunyai kepiawaian dalam membaca peluang pasar. Karena tidak hanya mempunyai kemampuan tehnis saja namun, fleksibilitas juga. Sebenarnya seorang freelance itu menjadi marketing diri sendiri. maka jika kita kaku dan tidak dapat menguasai pergerakan pasar, semuanya tidak akan berjalan.
    4. Mempunyai kemampuan mengatur keuangan ; Karena pendapatan yang tidak pasti seorang freelance harus pintar - pintar mengatur keuangan, dia harus pandai memilih waktu kapan membelanjakan uang. Bagaimana mengalokasikan royalty atau pendapatan.
    Dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa menambah persiapan menjadi seorang freelancer. Tapi di karenakan mata saya agak berkunang-kunang jadi tulisan-nya insyaallah dilanjut kapan-kapan ya.. maklum sob.. belum tidur nih..
     Tapi yang terpenting dalam hidup adalah bersyukur, dengan bersyukur menjadi seorang freelance maupun karyawan tidak akan membuat anda selalu tertinggal oleh orang lain. namun bukan berarti anda harus diam disitu saja, anda pun berhak memperjuangkan hidup anda pada kehidupan yang lebih baik. jika diri anda merasa sudah siap maka lakukanlah.

    Apakah anda memilih menjadi karyawan?
    Saya sih sudah terlanjur freelance jadi ya... syukuri saja lah.. hehe.. (^_^ )

    Author : Didin Supriatna
    Anda Sedang Membaca Artikel :  Anda pilih menjadi seorang freelancer atau karyawan tetap?
    Jika Artikel ini bermanfaat untuk anda dan teman - teman, Anda boleh menulis ulang atau menyebarluaskannya dengan catatan selalu menyertakan link sumber :  http://dinsphotography.blogspot.com/2012/06/halo.html

    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Jejak Fotografer saya mohon maaf jika masih ada salah dalam penulisan artikel, karena saya masih banyak kekurangan tetapi haus akan ilmu dunia dan akhirat.



    15 komentar:

    Djangkaru Bumi mengatakan...

    Aku suka freelance karena bisa bekerja lebih dari satu tempat. dan masih ada waktu luang untuk mengurusin keluarga tanpa ada ijin - ijin seperti jadi karyawan tetap.

    Drieant mengatakan...

    wah ternyata freelance, tidak mudah ya, ehm, penuh perjuangan. ga semudah karyawan biasa, saya baru tau. klo bloger, itu termasuk freelace ga?

    cerita anak kost mengatakan...

    btw kalau yang namanya pengusaha, wiraswasta, itu termasuk frelace ga ya?

    EYSurbakti mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
    ARMAN mengatakan...

    Keduanya sama saja tergantung yang menjalaninya, karyawan tetap pasti ada enak dan tidak enak begitu jg dgn freelance pasti ada enak dan tidak enaknya juga. Nice share

    EYSurbakti mengatakan...

    waw, kalo bisa nambahin selain keempat hal tersebut, salah satunya adalah relasi sob , di dunia maya juga kita harus punya relasi "maya" tentunya, agar bisnis bisa lancar ..
    tapi gue pribadi kalo lulus kuliah nanti mending jadi karyawan sob, beda kayak ente sekarang..
    bersyukur :D

    Majalah Masjid Kita mengatakan...

    jgn sampai jalan hidup kita malah orang lain yang nentuin :)

    Laurencius mengatakan...

    Saya bersyukur sob sudah punya kesibukan sendiri. Nice Artikel

    NF mengatakan...

    saya masih ngaryawan nih.. ada niat tuk jadi entrepreneur tapi masih berupa niat doang hehe

    Didin Supriatna mengatakan...

    @ Dreant : termasuk kayaknya bang.. klu emang bisa menghasilkan..

    @ arman : betul sob..

    @ EY : setiap manusia mempunyai jalan sendiri2...
    @ Laurencius : sukses terus..
    @ NF : semoga segera mendapat yang terbaik..

    Darmawan Saputra mengatakan...

    terima kasih info yg sangat bermanfaat ini..


    #Semoga sehat selalu

    kampungku corolla mengatakan...

    saya pilih yang mana ya,...pilih mensyukuri saja dengan pekerjaanku sekarang.karyawan bukan bosss bukan.lalu apa ya?
    nganggur hehehehe....

    oh ya gan follback sukses

    Nurmayanti Zain mengatakan...

    hmmm....
    saya masih freelancer tapi pengen jadi karyawan juga
    hoho

    Didin Supriatna mengatakan...

    @ corolla : penganguran bayak duit gpp.. hahaha..
    @ Nur : silahkan di coba aja.. hehe..

    ♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ mengatakan...

    . . bener banget. kalo karyawan itu enaknya hidup kita teratur. tapi kalo kerja sendiri itu hidupnya bisa seenak udel nya. he..86x. tapi justru itu enak, karena gak ada lagi yg bentak^ n ribut sana sini. he..86x . .

    Posting Komentar

    Tolong bagi para sahabat harap baca dulu sebelum berkomentar :

    Blog ini tidak menggunakan verifikasi apapun, silahkan tinggalkan komentar yang sopan, tidak menjadi spamer.

    - jangan sertakan link pada komentar
    - jika ada link yang rusak / broken link di blog ini tolong beritahu saya pada komentar
    - jika artikel blog ini bermanfaat silahkan menyebarluaskan-nya dengan tekan button share
    ( google+ , facebook, digg, twitter dll ) salam hangat...
    Owner dsp : [Didin Supriatna (urang sunda+jawa)]

    Copyright (c) 2010 dins photography. Created by dsp