Blog sedang dalam perbaikan mohon maaf jika banyak kesalahan ------> Pemesanan Hubungi langsung Owner Kami
Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Hal yang perlu di lakukan sebelum memotret

  • 4 Juni 2012
  • Armila ( Dins Photography )
  • Label: , ,

  • Tentunya semua berkeinginan mendapatkan hasil yang bagus dari potretan yang di dapat memang sepintas jika di bayangkan memotret itu gampang tinggal arahkan kamera langsung jepret dan hasilnyapun bisa langsung di lihat di layar LCD. Tetapi sebenarnya tidaklah semudah yang di bayangkan, memotret itu perlu persiapan. Seorang Fotografer harus menyiapkan beberapa hal sebelum pemotretan di lakukan, di antaranya pemilihan subyek yang tepat, waktu yang tepat dan peralatan yang sesuai. Dan masih banyak aspek yang harus melibatkan sang fotografer itu sendiri.



    Pilih Lensa yang sesuai

    Karena tidak semua lensa dapat menghasilkan foto yang sama. Ada lensa lebar yang memiliki kesan dimensi, ada lensa standar dan ada lensa telefoto. Setiap fokal lensa memiliki perspektif dan sudut pandang yang berbeda-beda. Lensa lebar memberikan kesan dimensi, distorsi dengan kedalaman fokus yang dalam. dan di lain pihak, lensa tele mempunyai efek kompresi ( membuat foto meenjadi dua dimensi ) atau membesarkan subyek yang berada sangat jauh dari lensa. Dan lensa normal akan menghasilkan sudut pandang yang normal seperti pandangan mata manusia sebagaimana biasa tidak menggunakan lensa. cobalah anda membiasakan dengan mengambil foto dengan lensa yang berbeda agar anda dapat membedakan hasil foto anda.


    Periksa Settingan pada kamera yang akan di gunakan memotret
    •  Periksa setting white balance ( Sesuaikan dengan cahaya yang ada, anda bisa menggunakan seperti Tungsten, Flourescent, Daylight atau Shade. Bisa saja pakai Auto atau AWB daripada salah dalam memilih pilihan preset WB yang ada )
    •  Periksa nilai ISO atau ASA, hindari penggunaan ISO yang cukup tinggi di saat keadaan cahaya terang karena akan mengakibatkan noise pada foto
    •  Sesuaikan Drive servo auto fokus (bila obyek diam bisa pakai One Shot AF atau AF-S dan bila obyek bergerak gunakan AI-Servo atau AF-C)
    •  Pilih ukuran resolusi foto, gunakan  kompresi ( Best - Normal - Basic ) sebelum melakukan pemotretan
    •  Periksa settingan Eksposur karena jika terlalu rendah akan mengakibatkan Under Eksposur atau kurang cahaya jika sebaliknya akan mengakibatkan Over Eksposur atau kelebihan cahaya
    •  Pilih mode metering yang tepat ( karena salahnya menggunakan metering maka kamera akan salah menentukan eksposur yang tepat )

    Perhatikan cahaya sekitar
    • Mengetahui kualitas dan arah cahaya sekitar sangat mempengaruhi suasana foto. Secara umum, ada tiga jenis cahaya yang dikenal dalam fotografi :
    • Cahaya keras (hard light) : Biasanya diperoleh dari sumber cahaya yang relatif kecil / terkonsentrasi. Misalnya : cahaya matahari, lampu kilat kamera, senter
    • Cahaya lembut (soft light) : Biasanya diperoleh dari sumber cahaya yang relatif besar dibandingkan obyek foto, seperti soft box, reflektor, permukaan langit-langit
    • Cahaya yang menyebar (diffused light) : Cahaya model ini berasal dari sumber cahaya yang relatif sangat besar seperti langit di saat mendung atau tertutup awan.
    Perhatikan juga arah datangnya cahaya (dari depan, belakang, samping, atas, bawah) karena arah datangnya cahaya juga merupakan aspek penting untuk memberikan kesan tertentu. Perhatikan baik-baik arah dan kualitas cahaya.

    Perhatikan background dan atur komposisi

    Langkah pertama untuk mendapatkan komposisi yaitu memilih background. Background yang bersih/polos adalah langkah awal yang baik dari pada mengambil latar belakang yang kompleks dan dapat merusak Point Of Interest  foto itu sendiri. Posisikan subyek pada lapisan - lapisan. Aturlah sedemikian rupa agar komposisi terlihat menarik, Banyak aturan komposisi yang bisa anda pakai seperti rule of thirds, golden rasio, skala dan lain-lain.

    Dan yang terakhir yakinlah dengan diri anda sendiri bahwa anda dapat melakukannya

    Maka dengan modal kejelian dalam memeriksa dan anda yakin pada diri anda insya allah pemotretan yang akan anda lakukan akan berjalan dengan lancar, dan mendapatkan hasil yang maksimal.
    Author : Didin Supriatna
    Anda Sedang Membaca Artikel : Hal yang perlu di lakukan sebelum memotret
    Jika Artikel ini bermanfaat untuk anda dan teman - teman, Anda boleh menulis ulang atau menyebarluaskannya dengan catatan selalu menyertakan link sumber : http://dinsphotography.blogspot.com/2012/06/hal-yang-perlu-di-lakukan-sebelum.html

    6 komentar:

    zachflazz mengatakan...

    keren tipsnya. secara saya suka ngasal selama ini buat ngambil obyek, haha

    brown sugar mengatakan...

    alhamdulillah, jadi tambah pengetahuan aku mas.. makasih infonya :) terus berkarya ya

    NF mengatakan...

    cocok buat saya yang demen foto, makasih :)

    Didin Supriatna mengatakan...

    @ All : sama2.. semoga bermanfaat..

    wisnu mengatakan...

    wah dapet ilmu saya,,, terima kasih mas....

    ♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ mengatakan...

    . . jujur nich ya. tiap kali aq mampir kesini selalu aja bikin aq iri. pengen punya kamera n praktekin teori^ yang ada dblog km ne. huhh. nyesek banget dech ati ku. he..86x . .

    Posting Komentar

    Tolong bagi para sahabat harap baca dulu sebelum berkomentar :

    Blog ini tidak menggunakan verifikasi apapun, silahkan tinggalkan komentar yang sopan, tidak menjadi spamer.

    - jangan sertakan link pada komentar
    - jika ada link yang rusak / broken link di blog ini tolong beritahu saya pada komentar
    - jika artikel blog ini bermanfaat silahkan menyebarluaskan-nya dengan tekan button share
    ( google+ , facebook, digg, twitter dll ) salam hangat...
    Owner dsp : [Didin Supriatna (urang sunda+jawa)]

    Copyright (c) 2010 dins photography. Created by dsp