Blog sedang dalam perbaikan mohon maaf jika banyak kesalahan ------> Pemesanan Hubungi langsung Owner Kami
Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Pengertian Web Server

  • 27 April 2011
  • Armila ( Dins Photography )
  • Label: ,
  • Menurut wikipedia Indonesia Web serever adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan http atau https dari klien ( client ) yang di kenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman - halaman web yang umumnya berbentuk dokumen html.

    Gambar : topologi web server
    Sumber gambar : mbah google
    Kemudian menurut kamus Komputer Web server adalah suatu program ( dan juga mesin yang menjalankan program ) yang mengerti protokol http dan dapat menanggapi permintaan - permintaan dari web browser yang menggunakan protokol tersebut.

    Dalam pengertian lain juga di sebutkan bahwa web server adalah software yang menjadi rumah dari World Wide Web ( www ). Web server menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser. Jika ada permintaan dari browser maka, maka web server akan memproses permintaan tersebut dan kemudian memberikan hasil prosesnya berupa data yang di inginkan kembali ke browser.

    Data ini mempunyai format yang standar, di sebut dengan format SGML ( Standar General Markup Language ). Data yang berupa format ini kemudian akan di tampilkan oleh browser sesuai dengan kemampuan browser tersebut. Contohnya, bila data yang dikirim berupa gambar. Web server, untuk berkomunikasi dengan clientnya ( web browser ) mempunyai protokol sendiri, yaitu http ( hypertext transfer protokol ). Dengan protokol ini, komunikasi antar web server  dengan clientnya dapat saling di mengerti dan lebih mudah. Banyak sekali server web yang telah di buat di antaranya yang terkenal adalah Apache dan microsoft internet information service (IIS). Apache merupakan server web antar platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi windows.

    Secara umum web server terbagi menjadi 2 tipe yaitu web server secara lokal atau offline dan web server online atau web server yang telah terhubung dengan internet.

    dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa web server adalah media untuk mengolah data situs sedangkan tempat untuk menyimpan berkas atau dokumen situs disebut dengan istilah server hosting. Jadi peranan web server ini sangatlah penting dalam pembuatan sebuah situs dan juga untuk mengolah bahasa pemrograman berbasis web contohnya PHP.


    Author : Didin Supriatna
    Anda Sedang Membaca Artikel :  Pengertian Web Server
    Jika Artikel ini bermanfaat untuk anda dan teman - teman, Anda boleh menulis ulang atau menyebarluaskannya dengan catatan selalu menyertakan link sumber :   http://dinsphotography.blogspot.com/2011/04/jawaban-3.html

    4 komentar:

    I Love Indonesia mengatakan...

    Wah.. lengkap banget sob..

    Didin Supriatna mengatakan...

    lengkap bagus donk..

    Bocah Online terus mengatakan...

    mantap artikelnya sob..

    Penjual Sapu Tangan mengatakan...

    betul sob web server penting di plajari para blogger..

    Posting Komentar

    Tolong bagi para sahabat harap baca dulu sebelum berkomentar :

    Blog ini tidak menggunakan verifikasi apapun, silahkan tinggalkan komentar yang sopan, tidak menjadi spamer.

    - jangan sertakan link pada komentar
    - jika ada link yang rusak / broken link di blog ini tolong beritahu saya pada komentar
    - jika artikel blog ini bermanfaat silahkan menyebarluaskan-nya dengan tekan button share
    ( google+ , facebook, digg, twitter dll ) salam hangat...
    Owner dsp : [Didin Supriatna (urang sunda+jawa)]

    Copyright (c) 2010 dins photography. Created by dsp